Breaking

Friday 4 March 2016

Karya Ilmiah Ojek Online

“ojek online”
Pendahuluan
Bisnis merupakan aktivitas (yang menjual barang atau jasa) yang mendatangkan keuntungan dan dikenal oleh kaum muda hingga kaum tua.  Pada era globalisasi saat ini, masyarakat indonesia khususnya para kaum muda masih bingung dengan manfaat dan tujuan dari bisnis. Padahal, jika kita memahami bisnis, kita akan mendapatkan keuntungan yang kita inginkan dalam aktivitas bisnis tersebut. Jika kita serius dalam menjalankan bisnis, maka bisnis tersebut akan berkembang.
Dilihat dari pertumbuhan ekonomi kita saat ini, jumlah pengangguran di Indonesia menduduki angka yang sangat fantastis. Namun, pemerintah belum bisa mengatasi problema tersebut. Jika ada lapangan kerja yang dibuka, masyarakat berbondong-bondong untuk menjadi pegawai yang diimpikan, tetapi pekerjaan tidak hanya sebagai pegawai saja, masih banyak pekerjaan yang bisa kita lakukan misalnya pewirausaha atau pengusaha. Dan salah satunya adalah dengan membuka bisnis. Maka dari itu, penulis ingin membahas makalah ini yang berjudul “ Bisnis Kreatif Ojek Online ”. Semoga tulisan diharapkan dapat memberikan manfaat baik yang berharga bagi penulis maupun pembaca. Adapun manfaat yang diharapkan penulis yaitu, dapat menjadi bahan referensi untuk bahan pembelajaran, dapat menambah wawasan bagi penulis dan pembaca tentang bisnis, dapat memenuhi tuntutan tugas pengantar bisnis yang bermuatan soft skill kelas 1EB32 tahun akademik 2014/2015, dapat menjadi salah satu sarana pengetahuan.
Dalam karya tulis ini, digunakan metode studi pustaka yaitu metode penulisan karya ilmiah dengan mengumpulkan bahan-bahan, materi-materi, data-data, dan informasi-informasi yang diperoleh dari buku-buku, situs-situs internet atau jurnal yang tersedia.
ISI TULISAN
Pada zaman sekarang di kota besar atau jalan raya kian hari kian padat dan berujung dengan macet.  Para pengendara mobil kini beralih ke sepeda motor karena dianggap bisa mempersingkat waktu untuk sampai ke tujuan. Dan sekarang  yang semuanya serba online dari jual/beli sampai ojek pun juga ada online.  Kita tidak perlu lagi berjalan kedepan gang untuk mencari  tukang ojek untuk berpergian. Yang harus kita lakukan di zaman modern ini adalah dengan cara online. Tinggal buka situs yang kita inginkan, pesan apa yang kita inginkan, cantumkan alamat kita, mereka akan datang dan mengantar kita sampai ketujuan, atau kita bisa menelepon call senter pada situs tersebut.
Sudah banyak yang mengguluti bisnis ini dari kalangan mahasiswa sampai orang biasa yang baru berbisnis. Dan orang –orang menganggap bahwa ojek online adalah jawaban dari permasalahan macet tersebut.
Strategi Pemasaran
-          Rawat mesin sepeda motor anda dengan baik sehingga tidak akan mogok/bermasalah di jalan
-          Sediakan helm standar bagi pengemudi dan penumpang
-          Kemudikan motor dengan hati – hati
-          Sepeda dalam keadaan bersih
-          Pengemudi sopan, jujur, bersemangat dengan pakaian rapid an hindari bau tubuh yang tidak sedap
-          Utamakan ketepatan waktu
-          Lengkapi dengan stnk dan sim serta kartu pengenal di dada
-          Pengemudi harus menguasai medan sehingga kemungkinan tersasar kecil dan penumpang puas.
-          Pasang iklan di forum jual beli di internet / buat stiker/brosur
-          Buat situsweb

Hambatan dan antisipasi

-          Bisnis ojek online tidak akan terlalu susah/ribet jika hanya dioperasikan seorang diri, tanpa anak buah, karena semua dapat kita kontrol. Yang jadi hambatan adalah ketika yang mempunyai beberapa pengemudi yang dengan karakter berbeda sehingga cara melayani pelanggan pun berbeda.
-          Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah pembekalan bagi para pengemudi. Ajari mereka cara berbicara, bersikap dan berkendara yang baik dan juga memelihara komitmen.
-          Selain itu kita perlu memperhatikan keluhan pelanggan sehingga segala hal yang kurang menyenangkan dapat segera diatasi dan dicarikan solusinya

Tips Praktis

Bisnis ojek online berkaitan erat dengan berkendara di jalan. Hal – hal yang perlu dipersiapkan adala selalu mengunakaan alat pengaman berkendara yaitu helm berstandar nasional (helm sni), melengkapi diri dengan surat-surat seperti STNK dan SIM dan mematuhi semua aturan lalu lintas. Dengan menamankan tertib berlalu lintas, penumpang bisa sampai di tujuan dengan selamat dan tepat waktu.
Bagi Anda yang ingin berusaha sendiri tetapi tidak memiliki modal apapun serta minim kreativitas, jangan putus asa. Anda masih memiliki peluang untuk berusaha sendiri. Salah satu usaha yang tidak membutuhkan kreativitas dari Anda adalah usaha ojek motor. Barang-barang yang diperlukan pun mudah ditemukan. Semuanya sudah tersedia disekitar Anda. Inilah modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ojek motor.

1.      Punya motor
Ini adalah modal utama dalam usaha ojek motor. Nama usahanya saja sudah ojek motor, jadi tidak mungkin jika tidak memiliki motor. Seandainya memang tidak memiliki motor, Anda bisa mencari cara lainnya, seperti meminjam motor kenalan yang tidak terpakai. Anda juga bisa membeli motor, karena sekarang ini banyak toko motor yang menawarkan DP motor nol (0) rupiah dan bunga cicilan yang cukup terjangkau. Namun, jangan asal memilih toko motor. Jika harga yang mereka tawarkan terlalu murah, Anda juga perlu curiga. Tanyakanlah dengan jelas untuk perhitungan cicilan serta berapa bunga yang harus dibayar. Jangan terlalu cepat membuat keputusan untuk membeli motor. Bandingkanlah harga yang ditawarkan dari satu tempat ke tempat lainnya. Buat kesepakatan dengan toko motor yang paling terjangkau serta terpercaya.

2.      Punya SIM C
Setelah memiliki motor untuk ojek, Anda juga harus mempunyai surat ijin mengemudi untuk mengendarainya. Surat ijin mengemudi untuk motor adalah kode C atau SIM C. Untuk mendapatkan SIM C juga cukup mudah. Anda perlu pergi ke kantor pemerintah atau SAMSAT, lalu mengajukan pembuatan SIM C. Anda harus lulus tes tertentu agar SIM C bisa Anda dapatkan.

3.      Ada helm
Ketika mengendarai sepeda motor, Anda tentu harus mengenakan helm agar tidak kena tilang oleh polisi. Begitu pula penumpang atau pelanggan. Jadi, Anda harus menyediakan dua helm setiap kali menawarkan ojek motor. Harga helm juga tidak terlalu mahal daripada jika Anda terkena tilang polisi. Pilihlah helm yang standar serta memiliki standar yang diminta oleh polisi. Helm harus ada kaca depan serta tali   penutup di area leher. Anda bisa membeli helm dengan harga sekitar tujuh puluh lima ribu rupiah. Pastikan helm itu kualitasnya bagus serta tidak mudah pecah jika tersenggol atau jatuh. Semakin awet helm yang dibeli, maka Anda tidak usah sering-sering mengganti helm.

4.      Kuasai jalan
Tugas dari seorang ojek motor adalah untuk mengantar pelanggannya sampai ketempat tujuan. Terkadang, jalan yang akan disebutkan oleh pelanggan merupakan jalan kecil atau gang yang terpencil. Sebagai seorang tukang ojek, Anda harus mengetahui rute-rute jalan agar menunjukkan bahwa Anda profesional. Selain itu, akan mendapatkan nilai tambahan jika mengetahui jalan pintas agar pelanggan cepat sampai ditujuan.
5.      Bisa mengemudi dengan baik
Cara mengendarai motor ada hubungannya dengan keselamatan penumpang maupun anda sendiri. Alangkah baiknya jika Anda mengemudikan motor dengan baik. Apa yang dimaksud baik disini bukan mengemudi dengan lambat, tentu diperbolehkan mengemudi dengan cepat, tetapi harus tahu aturan-aturan dari mengemudi. Contohnya saja, jika lampu sudah kuning, jangan diteruskan kendaraan Anda, siapa tahu ada kendaraan lewat dan tidak melihatnya. Hindarilah hal-hal yang membuat nyawa sendiri dalam bahaya.
6.      Punya tempat mangkal
Di tempat-tempat tertentu, terdapat kumpulan tukang ojek yang biasanya merupakan penduduk setempat. Biasanya, mereka merasa bahwa daerah tersebut adalah daerah kekuasaan mereka dan tidak boleh dimasuki orang lain. Agar usaha ojek lancar serta bisa diterima sebagai tukang ojek disitu, Anda harus berbaur serta bertanya apakah boleh bergabung di komunitas tukang ojek tersebut. Jika sudah tergabung, maka Anda bisa mangkal di pangkalan ojek mereka. Terkadang, jika ada orang yang menjadi tukang ojek tanpa ijin bisa diminta jatah bahkan dipukuli oleh perkumpulan ojek karena dianggap merebut daerah kekuasaan mereka. Lagipula, bergabung dengan pangkalan ojek juga lebih menguntungkan. Masyarakat biasanya akan pergi ke pangkalan ojek yang mereka tahu untuk memesan ojek. Jika sudah mempunyai pangkalan ojek, pelanggan tentu akan menemukan Anda dengan mudah.
7.      Tinggal di tempat ramai
Jika daerah yang Anda tinggali sepi, tentu jasa ojek juga akan sepi karena tidak ada orang yang lewat. Anda bisa pergi ke daerah perkantoran untuk mangkal disana. Biasanya, di daerah perkantoran banyak sekali pelanggan yang membutukan ojek, terutama ketika pagi, jam makan siang, serta sore hari. Selain perkantoran, juga bisa mencoba daerah pabrik atau yang lainnya, asalkan masih banyak orang. 
8.      Jangan malu 
Seorang ojek motor tidak boleh malu dalam menawarkan usaha ojeknya. Jika hanya berdiam diri saja dengan motor dipinggir jalan, tentu pelanggan tidak akan tahu kalau Anda seorang tukang ojek. Mereka bisa mengira sedang menunggu teman, relasi, istri, atau siapapun di pinggir jalan. Terkecuali, jika sudah berdiam diri dipangkalan ojek. Namun, akan lebih baik jika langsung menjemput pundi-pundi uang Anda bukan?            Jadi, seorang tukang ojek yang bisa sukses adalah seorang yang pantang malu. Tetapi, pantang malu bukan berarti memalukan, ya. Contohnya, Anda bisa mendekati orang-orang yang lewat sambil menawarkan “ojek, ojek.” Meskipun ditolak, tidak apa-apa. Penolakan dalam sebuah bisnis adalah hal yang terbiasa dan akan ditemui setiap saat. Teruslah berusaha sambil berteriak ojek agar orang-orang tahu bahwa Anda seorang tukang ojek.
9.      Pintar berbicara
Usaha ojek adalah usaha jasa, dan yang punya adalah Anda sendiri. Jadi harus pintar dalam mempromosikan usaha ojek kepada pelanggan. Misalnya, jika mendapatkan pelanggan, coba berinteraksi dengan mereka. Tanyakan hal-hal seperti apakah pelanggan tersebut memiliki ojek langganan, atau apakah dia memerlukan jasa ojek setiap hari. Dengan berinteraksi, pelanggan bisa saja suka dengan ojek Anda dan berlangganan setiap harinya.
10.  Tertib rambu lalu lintas
Kegiatan ojek mayoritas adalah di jalan raya, jadi sudah sewajarnya jika Anda mempelajari rambu-rambu lalu lintas umum. Jika tidak memahami rambu lalu lintas, Anda tidak bisa mengantar pelangga dengan nyaman. Terlebih, Anda bisa ditilang oleh polisi karena melanggar peraturan lalu lintas. Jadi pastikan tahu dengan rambu-rambu umum yang ada dipinggir jalan agar usaha berjalan lancar dan pelanggan puas.
Jika anda ingin membuat bisnis online dengan 3 karyawan berikut analisis keuangannya :
Analisis Keuangan

Keterangan
Rupiah
Pengeluaran :
-          Modal awal
Sepeda motor  3 × Rp 12.000.000,00
36.000.000,00
Komputer + modem
  2.500.000,00
Total
38.500.000,00
-          Biaya operasional
Perawatan sepeda motor
      300.000,00
Gaji karyawan 3 × Rp 1.000.000,00
   3.000.000,00
Bensin
      500.000,00
Pulsa telefon
      200.000,00
Akses internet
      150.000,00
Biaya penyusutan ( modal awal )
      802.100,00
Total biaya operasional
   4.952.100,00
Asumsi  pemasukan
-          Jasa ojek harian: 250 × Rp 20.000,00
   5.000.000,00
-          Jasa ojek langganan: 5× Rp 200.000,00
   1.000.000,00
Total pemasukan
   6.000.000,00
Keuntungan :
Asumsi pemasukan – total biaya operasional
Rp 6.000.000,00 – Rp 4.952.100,00
    1.047.900,00
Penutup
Demikianlah tulisan yang saya buat ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas, dimengerti, dan lugas.Karena saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan Dan kami juga sangat mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Sekian penutup dari saya semoga dapat diterima di hati dan saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.


Daftar Pustaka
http://www.bisnishack.com/2014/10/10-modal-untuk-membuka-usaha-ojek-motor.html
http://kammilashaffirah.blogspot.com/2010/10/makalah-pengantar-bisnis.html

No comments:

Post a Comment

Iphone X

Depending on the sum of water, some individuals have recommended waiting anywhere from 2 to seven days. If you try this system, change the ...